Setelah beberapa jam yang lalu saya memposting tentang Membuat Kalkulator Dengan Turbo Pascal
kali ini saya akan memposting Menggunakan Const di Turbo Pascal

Apa itu Const ?
Const adalah indentifier terkait nilai yang biasanya tidak dapat diubah selama program itu berjalan

Contoh Penggunaan Const di Turbo pascal

1. Buka program turbo pascal yang anda miliki

2. Ketikan Script dibawah ini

program konstanta;
uses crt;
const
	phi:real=3.14;
var
	jari,luas,keliling:real;
begin
	clrscr;
	writeln('=====================');
	writeln('Tutorial Koding');
	writeln('=====================');
	write('Masukan Jari-Jari Lingkaran : ');readln(jari);

	luas:=phi*sqr(jari); {Menghitung Luas Lingkaran}
	keliling:=2*phi*jari; {Menghitung Keliling Lingkaran}

	writeln('Luas Lingkaran : ',luas:0:1);
	writeln('Keliling Lingkaran : ',keliling:0:1);
	readln;
end.

3. Jalankan program tersebut dengan menekan CTRL+F5



Sekian dari saya
Semoga bermanfaat, terima kasih atas kunjungannya
Author image

About the Author :

Nama Saya Dwi Randy Herdinanto. Saya Tinggal Di Bandar Lampung, Saat Ini SayaKuliah di Salah Satu Perguruan Tinggi di Lampung dan Juga Bekerja di Software House Lampung

Connect with me on :

0 Comments
Comments
 
Top