Disini saya akan membagi kan cara untuk menginstal SQL Server 2008, Apa itu SQL Server? Penjelasan singkatnya  SQL Server 2008 ini adalah salah satu software aplikasi untuk mengolah database dengan bahasa sql.
Hal yang perlu anda persiapkan sebelum menginstal adalah sbb
 SQL SERVER 2008 Installer download disini
Sebelum memulai penginstalan coba uninstal atau remove Software SQL SERVER yang sudah pernah anda instal sebelumnya, itupun jika ada, jika tidak mulai saja. Bagi yang belum paham cara menguninstal lihat di cara menguninstal program di windows.

Langkah – Langkahnya untuk menginstall SQL Server 2008 adalah sebagai berikut

  1. Pastikan semua aplikasi lain yang anda gunakan sudah diclose, ini bertujuan agar proses instalasi berjalan lancar dan cepat.
  2. Double click “SQLEXPRWT_x86_ENU.exe” , saat anda mengklik maka proses extracting file dimulai. Lihat gambar ! tunggu hingga proses ini selesai. 
  3. Bila proses extracting selesai maka akan tampil jendela seperti ini. Ini adalah tampilan awal instalasi SQL SERVER 2008. Untuk memulainya pilih “New Installation add features to an existing installation"
  4. Setelah anda klik tunggu proses hingga selusai
  5. Saat progress selesai maka anda akan dihadapkan dengan jendela License Terms. lalu pilih “ i accept the license terms” kemudian klik Next
  6. Setelah itu maka jendela setup support files akan muncul tungga beberapa saat hingga progress selesai.Jika  itu sudah selesai maka anda akan kembali ke jendela  awal instalasi tunggu beberapa saat dan jangan diclose. Hingga tampilan setup support rules muncul lagi dan tunggu hingga selesai.
  7. Tunggu sesaat, maka akan tampil jendela feature selection. Beri  tanda centang  pada semua feature, atau dengan cara mengklik Select All, Klik Next
  8. Setelah klik next anda akan dihadapkan dengan jendela  Instance Configuration Klik Next
  9. Setelah itu akan muncul jendela. Klik Next
  10. Setelah itu akan muncul jendela DBE Configuration. Klik Next.
  11. Tahap Penginstalan dan Konfigurasi Server selesai maka akan muncul jendela  Complete

Klik Close,
Lalu restart komputer anda



Diposting oleh : Dwi Randy Herdinanto

Author image

About the Author :

Nama Saya Dwi Randy Herdinanto. Saya Tinggal Di Bandar Lampung, Saat Ini SayaKuliah di Salah Satu Perguruan Tinggi di Lampung dan Juga Bekerja di Software House Lampung

Connect with me on :

0 Comments
Comments
 
Top