Karena sudah lumayan semenjak postingan saya terkhir tentang SQL Penggunaan SUM MIN MAX COUNT AVG di SQL, pada malam hari ini saya kan membahas tentang Menggunakan Fungis Left Mid Right di SQL,
saya akan membahas ketiga fungsi tersebut

Contohnya kita mempunyai data sebagai berikut

Penggunaan Fungsi LEFT MID RIGHT di SQL

LEFT()
Fungsi ini digunakan untuk mengambil karekter pada sebuah string dengan panjang tertentu yang di mulai dari kiri.

Misalkan kita ingin menampilkan nis dari 3 karakter paling kiri

select LEFT(nis,3) as nis,nama,alamat,kelamin,website from siswa


Maka data yang akan tampil ada seperti gambar dibawah ini

Penggunaan Fungsi LEFT MID RIGHT di SQL

MID()
Fungsi ini digunakan untuk mengambil karakter pada sebuah string dimulai dari tengah

Misalkan kita ingin menampilkan nis dari karakter ke 4 sebanyak 3 karakter

SQL Server
select SUBSTRING(nis,4,3) as nis,nama,alamat,kelamin,website from siswa
MySQL
select MID(nis,4,3) as nis,nama,alamat,kelamin,website from siswa
karena di SQL Server tidak ada Fungsi MID maka kita bisa juga menggunakan Fungsi SUBSTRING sebagai pengganti MID
Penggunaan Fungsi LEFT MID RIGHT di SQL

RIGHT()
Fungsi RIGHT hampir sama dengan fungsi left, fungsi ini mengambil karekter pada sebuah string dengan panjang tertentu yang di mulai dari kanan

Misalkan kita ingin menampilkan nis dari 2 karakter paling kanan

select RIGHT(nis23) as nis,nama,alamat,kelamin,website from siswa

Maka data yang akan tampil ada seperti gambar dibawah ini

Penggunaan Fungsi LEFT MID RIGHT di SQL


Sekian dari saya.
Terima kasih atas kunjugannya semoga bermanfaat
Author image

About the Author :

Nama Saya Dwi Randy Herdinanto. Saya Tinggal Di Bandar Lampung, Saat Ini SayaKuliah di Salah Satu Perguruan Tinggi di Lampung dan Juga Bekerja di Software House Lampung

Connect with me on :

0 Comments
Comments
 
Top