Malam semua setelah beberapa jam yang lalu saya memposting tentang CRUD dengan VB.NET Bagian 1 kali ini saya akan memposting 
Cara mengatasi error "String or binary data would be truncated.
The statement has been terminated."

yah beberapa waktu yang lalu saya pernah mengalami mengalami error tersebut
saya sempat bingung juga kenapa bisa terjadi error tersebut,padalah script untuk insert data nya sudah benar

lalu setelah searching di google saya menemukan solusinya
ternyata error itu disebabkan karena kita menginputkan data yang karakternya melebihi dari Lenght column yang kita buat

sebagai contoh saya membuat table sebagai berikut
create table customer (
kd_customer varchar(5) not null primary key,
nama varchar(30) not null,
alamat varchar(30) not null)

lalu saya insert data dengan script sebagai berikut
insert into customer (kd_customer,nama,alamat) values ('CUS123','Dwi Randy Herdinanto','Bandar Jaya')

maka ketika dijalankan akan muncul error seperti gambar di bawah ini


kenapa terjadi error seperti gambar itu?
itu terjadi karena saya mengisi kd_customer dengan cus123 yang panjang kakternya 6, sedangkan pada column kd_customer Lenght nya hanya 5,

namun jika kita insert dengan script sebagai berikut
insert into customer (kd_customer,nama,alamat) values ('CUS12','Dwi Randy Herdinanto','Bandar Jaya')
maka ketika dijalankan akan akan berhasil disimpan seperti gambar di bawah ini

yah sekian postingan saya kali ini
semoga bermanfaat bagi yang membaca :D
Author image

About the Author :

Nama Saya Dwi Randy Herdinanto. Saya Tinggal Di Bandar Lampung, Saat Ini SayaKuliah di Salah Satu Perguruan Tinggi di Lampung dan Juga Bekerja di Software House Lampung

Connect with me on :

0 Comments
Comments
 
Top